Seminar Internasional Arah Kebijakan Politik Timur Tengah terhadap Perdamaian di Palestina

ISMES – Isu Palestina seakan tidak henti-hentinya menjadi bahan perbicangan dan juga perdebatan. Tidak hanya karena isu ini sudah berlangsung cukup lama, namun juga karena banyak aspek yang terkait di dalamnya, terutama isu kemanusiaan. Dunia tidak diam. Begitu pula negara-negara di region Timur Tengah sendiri. Tidak hanya dalam level negara, level organisasi regional semacam Liga Arab tidak tinggal diam. Serta tentu saja Indonesia, baik dari level negara, partai politik, organisasi kemasyarakatan, maupun individu yang sangat concern dengan isu Palestina ini dengan basis Pembukaan UUD 1945.
Israel sebagai salah satu aktor yang saat ini berada di “atas angin” semakin menunjukkan arogansinya, di sisi lain perjuangan Palestina masih terbelenggu dengan rivalitas dua kelompok utama yang mendominasi, yaitu Fatah dan Hamas. Perdamaian sepertinya menjadi hal yang harus terus-menerus digaungkan saat ini dan juga dalam masa-masa mendatang.
Kesemuanya itu coba didiskusikan kembali dalam webinar yang diselenggarakan PIP PKS Kuwait dengan melibatkan ISMES secara aktif pada Jumat, 25 Juni 2021 pukul 20.00 – 22.00 WIB. Webinar yang berlevel internasional tersebut diberi tajuk “Arah Kebijakan Politik Timur Tengah terhadap Perdamaian di Palestina”. Bagi yang tidak sempat mengikuti webinar tersebut, dapat melihat rekamannya di tautan https://youtu.be/blBYqFYkgAY
Keynote speaker dalam webinar ini adalah Sukamta, Ph.D (Ketua BPPLM DPP PKS dan juga anggota DPR-RI). Ada dua narasumber pada webinar ini yaitu, Dr. Ryantori (Direktur Eksekutif ISMES dan akademisi HI Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta), dan Syahrul Hidayat, Ph.D (Pakar Politik Timur Tengah Universitas Exeter, Inggris. Moderator webinar ini adalah Dudih Hidayat (Ketua Bidang Diplomasi PIP PKS Kuwait. Webinar ini juga dimeriahkan dengan keikutsertaan para peneliti senior ISMES dan juga akademisi, diantaranya Fahmi Salsabila, M.Si selaku Sekjen ISMES, Wirawan Sukarwo, M.Si, Dr. (Can) Nur Azizah, M.Si, Dr. Asep Setiawan, yang juga dosen senior Ilmu Politik dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, serta Prihandono Wibowo, M. Hub. Int, pakar Timur Tengah dan HI dari UPN Veteran Jawa Timur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*