Home » Article and Analysis » Misi penengah perdamaian Suriah diperpanjang » 792 views

Misi penengah perdamaian Suriah diperpanjang

New York (ANTARA News) – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Liga Arab memperpanjang misi Utusan Khusus Bersama mereka untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, sampai akhir 2013.

Saat menjawab pertanyaan, Juru Bicara PBB Martin Nesirky mengkonfirmasi dalam satu taklimat harian pada Kamis (21/2) bahwa kontrak Brahimi yang ditetapkan berakhir pada Jumat telah diperbarui sampai akhir 2013.

Kontrak Wakil Brahimi, Nasser al-Kidwa, dan kepala kantornya di Damaskus, Mokhtar Lamani, juga telah diperpanjang untuk waktu yang sama, kata Nesirky seperti dikutip Kantor Berita Xinhua.

Brahimi, mantan menteri luar negeri Aljazair, menggantikan mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan pada September 2012 untuk menjadi penengah dalam krisis Suriah atas nama PBB dan Liga Arab.

Krisis politik dan konflik di Suriah yang berlangsung sejak Maret 2011 dilaporkan telah menewaskan lebih dari 60.000 orang, kebanyakan warga sipil.

Lebih dari empat juta orang telah hidup dari bantuan kemanusiaan, dan separuh dari mereka menjadi pengungsi di dalam negeri mereka. Juga ada 650.000 orang yang telah menyelamatkan diri ke negara tetangga, bahkan sampai Afrika Utara dan Eropa.

(Uu.C003)