Home » News and informations » Permohonan pengakuan PBB atas Palestina diputuskan 6 September » 844 views

Permohonan pengakuan PBB atas Palestina diputuskan 6 September

Ramallah (ANTARA News) – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Rabu mengumumkan bahwa Liga Arab akan memutuskan tanggal pengajuan permohonan pengakuan atas negara Palestina ke Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 6 September mendatang.

Kantor berita Xinhua melaporkan, satu sumber yang layak dipercaya menyatakan bahwa dalam pertemuan Dewan Penasehat Partai Fatah di Ramallah Abbas mengatakan tanggal pengajuan permohonan itu akan diputuskan pada menteri luar negeri Liga Arab.

Sumber itu menyebutkan bahwa Abbas mengatakan jika Israel tetap menolak untuk menghentikan pembangunan permukiman dan menolak untuk berkomitmen pada solusi dua negara maka rakyat Palestina harus pergi ke Majelis Umum PBB untuk meminta pengakuan negara non-anggota.

“Abbas menegaskan bahwa menghentikan kegiatan permukiman dan menerima solusi dua negara oleh pemerintah Israel yang akan menghidupkan kembali perundingan perdamaian langsung antara kedua pihak,” kata sumber yang berbicara dengan syarat tak disebut namanya itu.

Abbas juga mengungkapkan bahwa Palestina meluncurkan satu kampanye diplomatik aktif guna mendapatkan dukungan internasional cukup untuk mendapatkan pengakuan tersebut.

Minggu lalu, Komite Liga Arab yang bertemu di Qatar menyatakan dukungan penuh terhadap upaya Palestina untuk mendapatkan pengakuan PBB sebagai alternatif kebuntuan proses perdamaian di Timur Tengah.