Home » News and informations » Putin dukung nuklir damai di Iran » 787 views

Putin dukung nuklir damai di Iran

Beijing (ANTARA News/AFP) – Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada timpalannya dari Iran, Presiden Mahmud Ahmadinejad, bahwa mendukung program atom Teheran selama itu untuk kepentingan damai.

“Kami selalu mendukung hak rakyat Iran ke era teknologi modern, termasuk penggunaan damai energi atom,” kata Putin kepada Ahmadinejad di sela-sela pertemuan puncak keamanan regional di Beijing, China, Kamis.

Ia menimpali, “Tetapi, saya ingin menekankan bahwa itu adalah program nuklir untuk tujuan damai yang kita bicarakan. Anda tahu posisi kami.”

Negara-negara Barat yakin Iran berusaha mengembangkan bom atom dengan kedok program nuklir sipil. Tetapi, Teheran menegaskan niatnya adalah murni untuk tujuan damai, dan situasi itu telah membawa kebuntuan.

Pembicaraan antara kedua pemimpin di konperensi tingkat tinggi (KTT) Organisasi Kerja sama Shanghai (SCO) yang pertama sejak Putin kembali ke Kremlin untuk masa jabatan ketiga terjadi pada saat Rusia bersiap untuk menjadi tuan rumah putaran terakhir pembicaraan global tentang Iran.

Pertemuan pada 18 hingga 19 Juni antara negara-negara kuat dunia dan perunding Iran akan mencoba untuk menemukan solusi diplomatik guna mengatasi kebuntuan saat ini, mengenai program nuklir Teheran.

Komentar Putin juga terjadi setelah para pemimpin negara-negara anggota SCO mengeluarkan pernyataan pada Kamis menentang setiap penggunaan kekuatan di Iran, dan mengatakan bahwa hal itu bisa mengancam keamanan global.
(Uu.H-AK)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

www.antaranews.com