Home » News and informations » Pemilu Bersejarah Mesir Digelar dengan Pengamanan Ketat » 720 views

Pemilu Bersejarah Mesir Digelar dengan Pengamanan Ketat

Kairo, Di bawah pengamanan ketat, pemilihan presiden (pilpres) Mesir digelar hari ini. Warga Mesir antusias untuk menggunakan hak suara mereka dalam pemilu bersejarah ini.

Banyak pemilih yang telah mengantre di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) jauh sebelum TPS resmi dibuka pada pukul 8 pagi waktu setempat.

“Ini hari yang indah bagi Mesir,” kata Nehmedo Abdel Hadi, salah seorang warga Mesir seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (23/5/2012).

Dalam pemilu ini tercatat lebih dari 50 juta pemilih yang akan memilih satu dari 13 kandidat yang bersaing untuk menggantikan presiden terguling Hosni Mubarak. Pilpres ini akan berlangsung dua hari dan digelar di 13.000 TPU yang tersebar di berbagai penjuru negeri.

Hasil awal diperkirakan baru akan diketahui pada Minggu, 27 Mei waktu setempat. Jika tak ada kandidat yang meraih suara mayoritas dalam pilpres putaran pertama ini, maka dua kandidat teratas akan bertarung dalam putaran kedua yang akan digelar bulan depan.

Selama pemilu berlangsung, sekitar 300 ribu polisi dan tentara akan dikerahkan di berbagai wilayah Mesir untuk mengamankan setiap TPS.

Pilpres ini menandai fase akhir dari transisi bergejolak yang dipimpin dewan militer berkuasa menyusul tergulingnya Mubarak pada tahun lalu.
(ita/vta)

detik.com