Home » News and informations » Putin: Barat Ingin Gulingkan Pemerintah Iran » 797 views

Putin: Barat Ingin Gulingkan Pemerintah Iran

SAROV – Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin yakin, Amerika Serikat (AS) menggunakan isu nuklir untuk menggulingkan Pemerintah Iran yang saat ini dipimpin oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

“Dengan kedok mencegah penyebaran senjata pemusnah massal, AS mencoba untuk menggulingkan Pemerintah Iran,” ujar Putin, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (25/2/2012).

Putin bahkan menuduh AS melakukan monopoli persenjataan di dunia ini lewat pembangunan sistem pertahanan di wilayah Eropa, yang dinilai mengancam Rusia. Rusia juga menganggap AS selalu mengabaikan dialog dengan Rusia untuk membahas masalah pertahanan regional.

Perundingan AS dan Rusia terkait masalah sistem pertahanan misil Eropa mengalami kemacetan. Tidak ada hasil yang signifikan, yang dicapai oleh kedua belah pihak. Putin langsung menyebut Barat tidak memahami apakah arti dari pelucutan persenjatan.

“Keamanan nasional merupakan suatu hal yang amat sangat penting, namun pembangunan keamanan nasional tidak dapat dilakukan dengan cara mengancam keamanan global dan mengacaukan keseimbangan kekuatan,” imbuhnya.

Mantan pejabat intelijen Rusia itu juga melontarkan komentarnya untuk menyikapi proses kampanye pemilihan presiden di AS. Hingga kini, banyak sekali bakal calon Presiden AS dari Partai Republik yang memiliki sikap keras dan bahkan tidak akan bersahabat dengan Rusia bila mereka terpilih sebagai presiden.

“Bila para politisi neo-konservatif itu mencoba untuk bersikap keras terhadap Rusia, mereka dapat melakukannya sampai kami membalasnya,” tegas Putin.(AUL)

www.okezone.com